Konsep Dasar Multimedia

Standard

Multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai / pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer.

1. Teks (Text)

Teks merupakan elemen multimedia yang paling mendasar dan sederhana yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Teks biasanya dihasilkan oleh program pengolahan kata dan merupakan informasi yang utama pada sebagian besar aplikasi multimedia, yaitu pada menu, sistem navigasi dan programnya sendiri. Teks bersifat menjelaskan secara teliti dan akurat.
Vaughan (1993) berpendapat bahwa teks dapat memberikan banyak arti untuk mengungkapkan apa yang hendak dikatakan sehingga sangat penting dalam penyampaian informasi untuk dapat menampilkan suatu aplikasi yang menarik, keseimbangan pemakaian teks pada layar perlu diperhatikan.

Media text ada beberapa jenis, yaitu:

  • Plain Text

Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII. Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embed di dalamnya.

  • Rich Format Text

Rich format text atau mungkin kita lebih populer dengan rich text format (RTF) merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RTF mampu menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.

  • Hyper Text

Hyper text diperkenalkan oleh Ted Nelson pada tahun 1965. Beberapa keunggulan hyper text:

  • bersifat linking

dokumen satu mempunyai hubungan dengan dokumen yang lain

  • non linear

kita bisa berpindah-pindah dari halaman satu ke halaman lain dengan sesuka hati.

Dua contoh hyper text yang sangat populer saat ini:

  • HTML

Hyper text markup language, kegunaannya:

  • control tampilan web
  • mendukung link
  • mampu menambah object
  • XML

Extensible markup language, kegunaannya:

  • sederhana dan terstruktur
  • cepat dan portable
  • mudah di-maintenance

2. Animasi (Animation)

Animasi adalah gambar yang bergerak. Animasi dapat dihasilkan dengan menayangkan frame-frame gambar secara cepat untuk menghasilkan efek pergerakan. Animasi merupakan elemen multimedia yang digunakan untuk mendeskripsikan berbagai jenis gambar yang bergerak termasuk filmDengan animasi, kita dapat mempresentasikan suatu konsep secara visual yang apabila dijelaskan dengan cara lain akan jauh lebih sulit. Animasi juga dapat interaktif.
       Menurut Andleigh dan Thakrar (1996) Animasi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :

a. Computer Based Animation

Yaitu animasi yang dihasilkan oleh komputer untuk membuat suatu visual efek yang meliputi perubahan posisi, bentuk, warna, tekstur dan suatu objek termasuk perubahan dalam pencahayaan, sudut pandang, orientasi dan fokus.

b. Full Motion Video

Merupakan hasil rekaman langsung dari kamera video yang diambil dengan menggunakan kamera digital, yang disimpan dalam bentuk file. Animasi jenis ini memerlukan tempat penyimpanan yang besar.
Disusun dari bangunan grafis seperti garis, persegi panjang, elips dan sebagainya yang ditempatkan secara matematis dengan koordinat, ukuran, ketebalan sisi, sudut. Karena data yang disimpan bukan berupa titik-titik yang diambil dari suatu gambar maka untuk menampilkan gambar dalam bentuk skala kecil atau besar dalam grafik vektor tidak mengurangi kehalusan dari gambar tersebut.

3. Grafik (Graffic)

Grafik sangat bermanfaat terutama untuk mengilustrasikan sesuatu atau membandingkan informasi. Grafik atau seni garis sederhana mempunyai kegunaan dalam berkomunikasi terutama untuk lebih menekankan informasi yang ingin disampaikan. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun gambar lain baik dua dimensi maupun tiga dimensi.
Berdasarkan pembentukkannya, grafik dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:

  • Grafik Bitmap atau raster

Disusun sebagai matriks nilai numerik yang mempresentasikan setiap titik/piksel. Grafik dalam bentuk ini sangat baik untuk menyimpan foto atau gambar yang rumit. Ukuran file umumnya besar karena gambar disimpan per piksel.

  • Grafik vektor

Disusun dari bangunan grafis seperti garis, persegi panjang, elips dan sebagainya yang ditempatkan secara matematis dengan koordinat, ukuran, ketebalan sisi, sudut. Karena data yang disimpan bukan berupa titik-titik yang diambil dari suatu gambar maka untuk menampilkan gambar dalambentuk skala kecil atau besar dalam grafik vektor tidak mengurangi kehalusan dari gambar tersebut.

4.      Gambar (Image)

Gambar merupakan suatu obyek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non text) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak mempunyai relasi dengan waktu (Andleigh dan Thakrar, 1996).

Gambar terbagi menjadi 3 jenis ( Prabhat, Kiran), yaitu :

  1. Visible Images
    Yaitu, gambar yang dapat dilihat, seperti foto dan lukisan.
  2.  Non Visible Images
    Yaitu, gambar tidak disimpan sebagai gambar tetapi ditampilkan sebagai gambar, seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan alat pengukur lainnya.
  3.  Abstract
    Yaitu, gambar yang tidak nyata. Gambar ini merupakan image yang berbasiskan perhitungan aritmatika.
  4. 5.      Suara (Audio)

Menurut Vaughan (1993), suara merupakan elemen multimedia yang paling sensasional.

http://chievan.blogspot.com/2010/04/konsep-dasar-multimedia.html

http://nophant.blogspot.com/2010/09/ngisup.html

http://ericobonaparte.wordpress.com/2012/09/28/konsep-dasar-multimedia/

http://daudxin.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html

http://fahmi180209.blogspot.com/2012/04/multimedia.html

http://novimarandi4ic03.blogspot.com/2013/03/konsep-dasar-multimedia_6450.html

http://mzarkasi.blogspot.com/2012/09/konsep-dasar-multimedia.html

http://cnoeng.blogspot.com/2013/03/konsep-dasar-multimedia.html

http://sriwahyufirdaus.blogspot.com/2013/03/konsep-dasar-multimedia.html

http://iprazcoolcavalera.blogspot.com/2013/03/konsep-dasar-multimedia_12.html

Leave a comment